ADMINISTRASI SISTEM
Halo teman - teman!!!, Saya akan menjelaskan apa itu Administrasi Sistem??.
A.
Pengertian
Administrasi
Administrasi berasal dari latin yaitu “Ad” dan ‘Ministrate” yang artinya mempersembahkan jasa atau bantuan yang dalam bahasa Inggris disebut “Administration” artinya “To Serve”, yaitu melayani dengan sebaik-baiknya.
Menurut Soewarno Handayaningrat, administrasi itu secara sempit berasal dari bahasa belanda yaitu Administratie. Administratie adalah kegiatan catat-mencatat, surat menyurat, pembukuan ringan, ketik mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketata usahaan. Liang Gie menyatakan bahwa, administrasi adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sedangkan menurut Sondang P. Siagian administrai adalah keseluruhan proses kerjaama antara dua ornan atau lebih berdasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
Selain menurut para ahli pengertian
administrasi juga dapat dibedakan menjadi dua pengertian yaitu:
1. Adminstrasi dalam arti sempit
Administrasi
dalam arti sempit merupakan kegiatan ketatausahaan yang meliputi kegiatan
mencatat sura, pembukuan dan pengarsipan surat serta hal-hal lainnya yang
tersedia untuk menyediakan informasi serta kemudahan memperoleh informasi
kembali jika dibutuhkan.
2. Administrasi dalam arti luas
Administras
secara luas pada dasarnya semua yang mengandung unsur pokok yang sama yaitu
adanya kegiatan tertentu, adanya manusia yang melakukan pekerjaan serta mencapai
tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.
Dari pengertian-pengertian diatas,
dapat disimpulkan bahwa administrasi adalah semua kegiatan yang dilakukan
melalui kerja sama dalam suatu organisasi berdasarkan rencana yang telah
ditetapkan untuk mencapai tujuan.
B.
Pengertian
Administrasi Jaringan
Administrasi jaringan adalah sebuah
pekerjaan dari para administrator jaringan untuk mengatur sebuah jaringan computer
baik dalam skala kecil maupun skala besar. Atau ilmu yang mempelajari bagaimana
cara untuk mengatur; mengkonfigurasi, dan memanajemen jaringan beserta
layanan-layanan jaringan menggunakan system operasi khusus jaringan.
C.
Peran
Adminstrator Jaringan
Administrasi jaringan memiliki tiga
peran utama dalam membangun, mngelola dan memperbaiki jaringan atau server.
Adapun tugas dan tanggung jawa yang dimiliki oleh administrator jaringan ada 5,
yaitu:
1. Keamanan jaringan (security)
2. Mengatur pengguna
3. Mengatur cadangan data
4. Troubleshooting atau pengangan
masalah
5. Update system atau pemutakhiran
D.
Kemampuan
Admin Server
Untuk menjadi seorang administrator
jaringan harus mempunyai beberapa kemampuan seperti:
1. Harus menguasai Basic Hardware
Networking
2. Harus menguasai Basic IP dan
Subnetting
3. Harus menguasai Technolgy Switching
dan Routing
4. Harus menguasai Technology server
5. Security
6. Monitoring
7. Backup
E.
Kesimpulan
Kesimpulannya adalah bawah administrasi jaringan
sangat diperlukan di perusahan besar yang memiliki data-data yang penting dalam
jaringan komputer. Untuk menjaga dan melakukan perawatan terhadap jaringan
komputer seorang administrator harus melakukan tugasnya yaitu, meliputi
manajemen pengguna, penanganan troubleshooting, melakukan perawatan hardware
dan software, selalu mengupdate hardware dan software, dan melakukan back up
dan restore. Selain itu, seorang administrator juga harus bias menguasai
perangkat keras komputer dan dapat memahami komponen-komponennya.
Komentar
Posting Komentar